PERAN GURU PPKN DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMAN 3 KOTA GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.37606/publik.v11i2.1071Keywords:
Peran Guru PPKn, Profil Pelajar Pancasila, SMAN 3 GorontaloAbstract
Profil pelajar Pancasila adalah representasi dari implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, dengan tujuan membentuk kepribadian peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam mewujudkan profil pelajar pancasila di SMAN 3 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melibatkan observasi dan wawancara. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn di SMAN 3 Gorontalo memainkan tiga peran utama dalam mewujudkan profil pelajar. Pertama, sebagai demonstrator, guru aktif mengorganisir kegiatan keagamaan dan memotivasi kreativitas siswa, seperti sholat Dhuha bersama dan zikir bersama. Selain itu, untuk mengembangkan kreativitas, guru mendorong siswa dalam pembuatan film dokumenter dan presentasi menggunakan media canva. Kedua, sebagai mediator, guru memainkan peran penting dalam mengadakan dialog lintas agama, membantu siswa dalam aspek beriman dan bertakwa, serta memberikan bimbingan mendalam terhadap nilai-nilai Pancasila. Ketiga, sebagai evaluator, guru melakukan evaluasi intensif terhadap partisipasi siswa dan kreativitas, sambil meninjau teknis program untuk meningkatkan efektivitasnya. Evaluasi kinerja guru, termasuk penilaian diri, menunjukkan komitmen terus-menerus untuk meningkatkan profesionalisme dan memberikan pendidikan berkualitas. Secara keseluruhan, peran guru PPKn memiliki dampak signifikan dalam membentuk profil pelajar Pancasila di SMAN 3 Gorontalo.