PENGARUH KOMPETENSI TENAGA MEDIS/PARA MEDIS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) POHUWATO

  • Nolfi S. Tueno STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kompetensi, Kualitas, Pelayanan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Tenaga Medis dan Paramedis Terhadap Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pohuwato, sehingga peneliti merumuskan hipotesis ”terdapat pengaruh Kompetensi Tenaga Medis dan Paramedis Terhadap Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pohuwato”. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah seluruh tenaga medis dan paramedis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pohuwato berjumlah 170 orang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 34 orang, 24 orang dari tenaga medis dan paramedis, dan 10 orang sampel dari masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik uji deskriptif korelasional dengan alat bantu pengumpul data untuk kedua variabel adalah observasi, angket, dan Dokumentasi. Data hasil penelitian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus persamaan regresi linear dan korelasi.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil-hasil di antaranya, bentuk persamaan regresi linearnya  = 18,11 + 0,32x dan harga koefisien korelasi (r) didapat 0,719 dengan koefisien determinasi  r2 = 0,516 atau 51,6 % variabel Y dipengaruhi oleh variabel X, sedangkan sisanya 48,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hasil pengujian keberartian koefisien korelasi di dapat bahwa >  yakni 5,66 > 2,00 yang membuktikan bahwa koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah signifikan (berarti). Dan dari analisis yang dilakukan maka hipotesis penelitian yaitu ”terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi tenaga medis dan paramedis terhadap kualitas pelayanan diterima pada taraf nyata = 0,05.

Disarankan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Pohuwato hendaknya selalu mengikutsertakan tenaga medis dalam setiap kegiatan pengembangan profesi, agar tenaga medis dan paramedis dapat meningkatkan kompetensinya secara terus menerus, hal ini akan berdampak pada pemberian pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

 

Kata Kunci: Kompetensi, Kualitas, Pelayanan

Published
2020-02-01