PENGARUH KEPEMIMPIN PARTISIPATIF TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI DESA LONGALO KECAMATAN BULANGO UTARA KABUPATEN BONE BOLANGO

  • Moh. Abukabar Talalu STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kepemimpinan, Partisipatif, Pengambilan, Keputusan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Pengambilan Keputusan di Desa Longalo Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, yaitu untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan partisipatif terhadap pengambilan keputusan di Desa Longalo Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, serta pengisian kuesioner.

Hasil Penelitian menyimpulkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Ý= 19.045+0.404. Dari persamaan tersebut, dapat dijelaskan bahwa nilai konstan untuk variabel Y (pengambilan keputusan) sebesar -0.908, atau menjelaskan bahwa jika seluruh instrumen yang digunakan pada penelitian ini atau variabel X (kepemimpinan partisipatif) memiliki pengaruh terhadap variabel pengambilan keputusan, maka diperoleh rata-rata sebesar -0.908 satuan bagi pengambilan keputusan. Hasil analisis data menunjukkan pada koefisien determinasi dinyatakan dengan nilai R2 sebesar 0.330. Hal tersebut menjelaskan bahwa sebesar 33% dari Pengambilan keputusan pada Desa Longalo Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango dikontribusikan melalui kepemimpinan partisipatif. Adapun sebesar 67% lainnya dari variabel pengambilan keputusan memungkinkan untuk dijelaskan melalui faktor-faktor lainnya yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Disarankan, perlu memperhatikan kepemimpinan partisipatif dan pengambilan keputusan. Perlunya Pemerintah Desa menerapkan kepemimpinan partisipatif yang baik kepada masyarakat dalam rangka pengambilan keputusan di desa Longalo Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Perlunya penelitian lanjutan mengenai variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Partisipatif, Pengambilan, Keputusan

Published
2020-02-01