ASAS-ASAS PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEUANGAN DAERAH DI DINAS SOSIAL KABUPATEN GORONTALO UTARA

  • Ellys Rachman STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Pengelolaan, Administrasi, Keuangan, Daerah

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai asas-asas pengelolaan administrasi keuangan daerah di Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo Utara. Jenis penelitian adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam pada sejumlah informan dan pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa  pengelolaan administrasi keuangan daerah di Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo Utara belum belum memenuhi asas keadilan, asas kepatuhan, dan asas manfaat. Padahal otonomi daerah memberi peluang yang cukup besar kepada Pemerintah Daerah dalam mengelola keuangan daerah. Disisi lain, keterbatasan anggaran sehingga peluang tidak dapat dimanfaatkan untuk memenuhi asas keadilan, asas kepatuhan, dan asas manfaat tersebut.

Disarankan, Perlunya Pemerintah Daerah mengalokasikan anggaran yang memadai untuk menerapkan asas keadilan dalam pengelolaan administrasi keuangan daerah; Perlunya Pemerintah Daerah meningkatkan kemampuan aparat menyusun program kerja yang sesuai dengan ketersediaan anggaran, untuk menerapkan asas kepatuhan dalam pengelolaan administrasi keuangan daerah; Perlunya Pemerintah Daerah memprioritaskan program-program yang dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat sasaran guna memenuhi asas manfaat.

 

Kata Kunci: Pengelolaan, Administrasi, Keuangan, Daerah

Published
2020-02-01