KOORDINASI APARAT DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA BUA KECAMATAN BATUDAA KABUPATEN GORONTALO

  • Zainuddin Bolong STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Koordinasi, Pengelolaan, Administrasi, Kependudukan

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang koordinasi aparat dalam pengelolaan administrasi kependudukan di Desa Bua, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada sejumlah informan, observasi dan pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Penelitian ini difokuskan pada koordinasi aparat desa dalam pengelolaan administrasi kependudukan, sebagai kegiatan aparat dalam bentuk koordinasi mengidentifikasi data, koordinasi menyusun data, dan koordinasi mengolah data penduduk. 

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa  koordinasi aparat dalam mengidentifikasi data sebagai kegiatan aparat desa dalam mengidentifikasi data penduduk, belum dilakukan melalui koordinasi dengan aparat di tingkat dusun meyangkut  pengklasifikasian penduduk meninggal dunia, lahir, pindah, kawin, cerai, dan yang datang. Klasifikasi data penduduk hanya didasarkan pada buku register yang ada di Kantor Desa, tanpa dikoordinasikan ke tingkat dusun jika ada perubahan penduduk akibat meninggal dunia, lahir, pindah, kawin, cerai, dan yang datang. Koordinasi aparat dalam menyusun data sebagai kegiatan aparat menyusun data hasil identifikasi, belum dilakukan melalui koordinasi dengan  aparat desa lainnya di tingkat dusun guna  mengetahui keadaan penduduk yang meninggal dunia, lahir, pindah, kawin, cerai, dan yang datang. Koordinasi aparat mengolah data sebagai kegiatan aparat dalam mengolah data yang telah disusun berdasarkan klasifikasi, belum di koordinasikan dengan aparat desa lainnya untuk dijadikan sebagai laporan bulanan, triwulan dan tahunan. Hasil pengolahan data penduduk tidak valid karena tidak sesuai keadaan pada saat pembuatan laporan bulanan dan tahunan.

Disarankan, perlunya meningkatkan koordinasi dalam mengidentifikasi data, menyusun data dan mengolah mulai dari tingkat dusun berdasarkan keadaan penduduk yang meninggal dunia, lahir, pindah, kawin, cerai, dan yang datang.

 

Kata Kunci: Koordinasi, Pengelolaan, Administrasi, Kependudukan

Published
2020-02-01