PERAN APARATUR BIDANG DIKLAT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI APARATUR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN POHUWATO

  • Nolfi S. Tueno STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Peran, Diklat, Kompetensi, Aparatur

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peran. Aparatur bidang diklat dalam meningkatkan kompetensi aparatur di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyelenggaraan diklat terlihat peran aparatur bidang diklat dalam upaya meningkatkan aparatur dan didapati hasilnya berdasarkan informasi informan  berperan, di liahta dari segi programnya didukung oleh program program inovasi sehingga sangat mendukung pencapaian peningkatan kompetensi aparaturdi lihat dari segi pelaksanaanya, sangat terlihat pula peran bidang dilat dalam peningakatan kompetensi aparatur termasuk pada inovasi sebagaimana instruksi bupati pohuwato pada sistem penyelenggaran diklat.

Disarankan dengan penyelenggaraan diklat perlu lebih ditingkatkan melalui penyediaan fasiltas-fasilitasnya selain itu pula penyelenggaraan diklat untuk kepentingan efisiensi perlu mengangkat widyaiswara dari pemerintah kabupaten pohuwato,program penyelenggaraan diklat perlu adanya diklat diklat tekhnis dan fungsional, perlu adanya peningkatan kapasitas regulasi dari instruksi bupati tentag penatalaksanaaan pengiriman aparatur untuk mengikuti diklat di luar daerah, perlu adanya perjanjian kerja sama dengan lembaga pembina diklat sehingga legalitas pelaksanaan diklat terus terjaga.

 

Kata Kunci: Peran, Diklat, Kompetensi, Aparatur

Published
2020-01-23