PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) LESTARI DESA TABONGO KECAMATAN DULUPI KABUPATEN BOALEMO

Keywords: Pengelolaan, Lembaga, Pendidikan, PAUD, Lestari

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengelolaan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Lestari Desa Tabongo Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada sejumlah informan dan melakukan observasi serta pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan penelitian.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengelolaan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Lestari Desa Tabongo Kecamatan Dulupi, belum maksimal dilaksanakan melalui proses perencanaan, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan. Penyusunan program rencana pengadaan tenaga pendidikan belum maksimal karena keterbatasan formasi. Pengembangan untuk menilai prestasi kerja, dan keperibadian tenaga pendidik, belum maksimal dilaksanakan, selain tenaga pendidik berstatus honor, dan anggaran sangat terbatas. Pemeliharaan dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, belum dapat dilaksanakan dengan baik karena keterbatasan anggaran operasional. Penggunaan perencanaan karier, peningkatan pengetahuan tenaga pendidikan melalui pendidikan dan pelatihan-pelatihan, belum dapat dilaksanakan karena alasan keterbatasan anggaran.

Disarankan, perlunya perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo, menindak lanjuti berbagai permasalahan lembaga pendidikan anak usia dini Lestari tentang pengembangan kualitas tenaga pendidik dan peningkatan statusnya menjadi Pegawai Negeri Sipil, melaksanakan kegiatan kursus, pelatihan keterampilan dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi tenaga pendidik anak usia dini, khususnya di Desa Tabongo Kecamatan Dulupi, dan memberikan subsidi anggaran operasional yang memadai dalam rangka pengelolaan organisasi yang lebih baik di masa mendatang.

 

Kata Kunci:  Pengelolaan, Lembaga, Pendidikan, PAUD, Lestari

Published
2020-01-23